ANALISIS ULANGAN HARIAN

1. ANALISIS ULANGAN HARIAN KELAS 9 B  DOWNLOAD DI SINI DAN DI SINI
2. ANALISIS ULANGAN HARIAN KELAS 7A ULANGAN HARIA KE 1 SEMESTER 2 TAHUN    PELAJARAN 2014/2015 DOWNLOAD DI SINI DAN DI SINI



KISI – KISI SOAL ULANGAN HARIAN  I SEMESTER II
SMP NEGERI 2 GRINGSING
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Mata pelajaran               : SENI BUDAYA
Kelas / Semester            : VII / II
Bentuk soal                   : ESSAY
Jumlah soal                    : 10 ( SEPULUH)
NO.
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK / PEMBELAJARAN
INDIKATOR
NO. SOAL
1.




















Mwngapresiasikan karya seni rupa
9.1 Mengidentifikasikan karya seni terapan daerah setempat
Pengertian karya seni dua dimensi
Pengertian karya seni 3 dimensi
Pengertian karya senu murni
Pengertian kary aseni terapan
Unsur-unsur seni rupa

1.    Siswa mampu menjelaskan pengertian karya seni 2 dimensi
2.    Siswa mampu menyebutkan karya seni murni
3.    Siswa mampu mendiskripsikan unsur seni rupa berupa garis
4.    Siswa mampu menyebutkan warna primer
5.    Siswa mampu mendiskripsikan karya seni terapan
6.    Siswa mampu menyebutkan Warna sekunder.
7.    Siswa mampu menyebutkan Unsur gambar
8.    Siswa mampu menyebutkan Bentuk karya seni
9.  Siswa mampu menyebutkan warna tersier
10.  Siswa mampu menyebutkan karya seni terapan dan karya seni 3 dimensi

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10



Mengetahui                                                            Gringsing,   3 Pebruari  2015
Kepala SMP Negeri 2 Gringsing                           Guru Mata Pelajaran


Purbo Kuncoro, S.Pd                                                 Aryatmono Siswadi, S.Pd, MA
                      NIP. 196006241985011002                                       NIP. 196509221990031010





















ULANGAN HARIAN 1 SEMESTER 2
KELAS 7
NAMA        : .....................................................................
KELAS       : .....................................................................
NO ABSEN : ....................................................................
TANGGAL : ....................................................................


Jawabalah perntanyaan di bawah ini dengan benar !
1.      Jelaskan pengertian karya seni 2 dimensi!
2.      Sebutkan 5 karya seni murni!
3.      Apa yang di sebut dengan unsur seni rupa berupa garis!
4.      Sebutkan warna pokok atau warna primer!
5.      Diskripsikan karya seni terapan!
6.      Percampuran dua warna sekunder antara warna kuning dan biru menghasilkan warna...
7.      Unsur seni rupa paling sederhana di sebut...
8.      Patung selain sebagai karya seni murni juga sebagai karya seni...
9.      Sebutkan warna sekunder!
10.  Sebutkan 2 karya seni sebagai karya seni terapan juga sebagai karya seni 3 dimensi!

Kunci jawaban :
Essay .
1
Karya yang memiliki ukuran panjang x lebar, yang dapat dilihat dari satu sudut pandang
2
Candi, Patung, Pura, Ukiran, Lukisan
3
Gabungan dari titik-titik
4
Merah, Kuning , Biru
5
Karya seni selain dinikmati keindahannya juga sebagai fungsi pakai
6
Hijau
7
Titik
8
Karya seni 3 dimensi
9
Ungu, Orein, Hijau
10
Bola, Almari

KRITERIA PENILAIAN
ULANGAN HARIAN

I.                   PILIHAN GANDA
Penilaian

NO SOAL


1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
jml
Nilai Tiap Soal
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
10












II.                KRETERIA PENILAIAN
Jawaban benar dinilai 1
Jawaban kurang lengkap di nilai ½
Jawaban salah dinilai 0


Gringsing,  3 Pebruari   2015
Guru Seni Budaya




Aryatmono Siswadi, S.Pd, MA
NIP 196509221990031010







PROGRAM KEGIATAN PERBAIKAN DAN PENGAYAAN

Mata Pelajaran                                          ;     Seni Budaya
Satuan Pendidikan                                    :     Sekolah Menengah Pertama
Semester                                                    :     II (dua)

1.   Kelas – Prgoram                                  :     VIIB
2.   Ulangan Harian ke                              :     1         
a.   Pokok Bahasa                                     :     Jenis karya seni
b.   Jumlah Peserta                                    :    
1)         Seluruhnya                                    :     23 siswa         
2)         Peserta Ulangan                            :     23 siswa
3)         Peserta Yang tidak ikut Ulangan  :        siswa
c.         Hasil Ulangan
1)         Jml. Siswa Tuntas                         :     17     siswa
2)         Jml. Siswa Belum Tuntas              :       6     siswa     

3.      Perbaikan secara klasikal
No
Pokok materi
Bentuk dan isi kegiatan
Keterangan
5
Karya seni terapan
Diskripsikan karya seni terapan!

8
Karya seni murni
Patung selain sebagai karya seni murni juga sebagai karya seni

9
Warna sekunder
Sebutkan warna sekunder

10
Bentuk karya senu terapan
Sebutkan 2 karya seni sebagai karya seni terapan juga sebagai karya seni 3 dimensi


4.      Perbaikan secara perorangan
a.       Jumlah siswa : 6                      siswa                        b.   Waktu : 40 menit
c.   Bentuk dan isi kegitan
Mengerjakan kembali soal yang sudah pernah dipergunakan ulangan harian I

5.      Pengayaan
a.       Jumlah siswa : 17 siswa          b.                              Waktu : 40 menit
c.   Bentuk dan isi kegitan
Jawablah dengan benar!
1.      Jelaskan pengertian karya seni 2 dimensi!
2.      Sebutkan 5 karya seni murni!
3.      Apa yang di sebut dengan unsur seni rupa berupa garis!
4.      Sebutkan warna pokok atau warna primer!
5.      Diskripsikan karya seni terapan!
6.      Percampuran dua warna sekunder antara warna kuning dan biru menghasilkan warna...
7.      Unsur seni rupa paling sederhana di sebut...
8.      Patung selain sebagai karya seni murni juga sebagai karya seni...
9.      Sebutkan warna sekunder!
10.  Sebutkan 2 karya seni sebagai karya seni terapan juga sebagai karya seni 3 dimensi!


Mengetahui,                                                                            Gringsing, 3 Pebruari   2015
Kepala SMP Negeri 2 Gringsing                                            Guru Mata Pelajaran


      Purbo Kuncoro, S.Pd                                                        Aryatmono Siswadi,S.Pd. MA
      NIP. 196004261985011002                                             NIP. 196509221990031010
     


HASIL ANALISIS

I.    Ketentuan Belajar
      a.   Banyak siswa seluruhnya                       :    23             siswa
      b.   Banyak siswa yang telah belajar             :    23             siswa
      c.   Banyaknya siswa yang tuntas  belajar    :    17             siswa
      d.   Ketuntasan belajar secara klasikal          :    81.8          %

II.  Simpulan
a.       Perlu perbaikan klasikal soal
        Nomor                 Tentang
5
Karya seni terapan
Diskripsikan karya seni terapan!
8
Karya seni murni
Patung selain sebagai karya seni murni juga sebagai karya seni
9
Warna sekunder
Sebutkan warna sekunder
10
Bentuk karya senu terapan
Sebutkan 2 karya seni sebagai karya seni terapan juga sebagai karya seni 3 dimensi

b.      Perlu perbaikan secara individual siswa sebagai berikut :
1
Muhamad Fahreza F
4
Denny Syah Putra
2
Muhammad Mirza Maulana
5
Arya Sandi Maulana
3
Dedi Aryanto
6
Ahmad Syofiulloh
c.       Pengayaan dapat diberikan kepada siswa sebagai berikut :
1
Dewi Amalia Agustin
9
Emillia Khilmia . H
2
Eko Purnomo
10
Mukhofifah
3
Istikharoh
11
Sintia Paramita Putri Rahayu
4
Lia Neri Khumaeroh
12
Wahyuningsih
5
Moh. David Setiawan
13
Cindy Carolin Holanda
6
Nur Afifah
14
Adhe Mahendra
7
Aghisna Nur Hikmah
15
Deas Inggit
8
Devi Nurazizah
16
Agus Supriyanto


17
Nur Akhmad Hadi Santoso

Mengetahui,                                                                            Gringsing, 3 Pebruari 2015
Kepala SMP Negeri 2 Gringsing                                            Guru Mata Pelajaran


      Purbo Kuncoro, S.Pd                                                        Aryatmono Siswadi,S.Pd. MA
      NIP. 196004261985011002                                             NIP. 196509221990031010
           

















PROGRAM REMIDIAL

Sekolah                                     :     SMP Negeri  2 Gringsing
Kelas / Semester                   :    VIIB(tujuh B) / Genap
Mata Pelajaran                          :    Seni Budaya
Ulangan Harian  ke                   :     1
Tanggal Ulangan Harian           :     3 Pebruari 2015
Bentuk Soal UH                       :    Pilihan Ganda
Materi UH  (KD/Indikator)       :
1.    Siswa mampu menjelaskan pengertian karya seni 2 dimensi
2.    Siswa mampu menyebutkan karya seni murni
3.    Siswa mampu mendiskripsikan unsur seni rupa berupa garis
4.    Siswa mampu menyebutkan warna primer
5.    Siswa mampu mendiskripsikan karya seni terapan
6.    Siswa mampu menyebutkan Warna ungu   adalah hasil campuran warna .
7.    Siswa mampu menyebutkan Unsur gambar
8.    Siswa mampu menyebutkan Bentuk karya seni
9.  Siswa mampu menyebutkan warna tersier
10.  Siswa mampu menyebutkan karya seni terapan dan karya seni 3 dimensi
Ulangan Rem                      :   10 Pebruari 2015
KKM                                 :    75

No.
Nama Siswa
Nilai Ulangan
Indikator yang tidak dikuasai
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remidial
Nomor Soal yang dikerjakan dalam Tes Remidial
Nilai Tes Rem
Ket.
( 1 )
( 2 )
( 3 )
( 4 )
( 5 )
( 6 )
(7)
(8)
1
Muhamad Fahreza F
70
2,8,9
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
1,2,3,4,5,
6,7,8,9,10
75
Tuntas
2
Muhammad Mirza Maulana
70
5,8,10
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
1,2,3,4,5,
6,7,8,9,10
75
Tuntas
3
Dedi Aryanto
65
1,8,9,10
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
1,2,3,4,5,
6,7,8,9,10
75
Tuntas
4
Denny Syah Putra
60
5,6,8,9
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
1,2,3,4,5,
6,7,8,9,10
75
Tuntas
5
Arya Sandi Maulana
55
5,6,7,8,9
10
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
1,2,3,4,5,
6,7,8,9,10
75
Tuntas
6
Ahmad Syofiulloh
40
1,2,5,8
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
1,2,3,4,5,
6,7,8,9,10
75
Tuntas



9,10












Mengetahui,                                                                            Gringsing, 8 September 2014
Kepala SMP Negeri 2 Gringsing                                            Guru Mata Pelajaran


      Purbo Kuncoro, S.Pd                                                        Aryatmono Siswadi,S.Pd. MA
      NIP. 196004261985011002                                             NIP. 196509221990031010
     




Keterangan :

         Pada kolom ( 6 ), masing-masing indikator dijadikan soal untuk remdial
        Misalnya     :    Indikator 1 menjadi soal nomor 1
                               Indikator 10 menjadi soal nomor 10
         Pada kolom ( 7 ), nilai yang diperoleh hanya digunakan untuk menentukan tuntas atau tidak tuntasnya  dari siswa yang telah ikut remidial, karena nilai yang akan diolah adalah nilai batas ketuntasan. Artinya M Fahreza, Mirza, Dedi, Arya dan Syafiulloh  memperoleh nilai setelah remidial masing-masing 75 (batas ketuntasan).

Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remedial
1.    Cara yang dapat ditempuh
a.       Pemberian bimbingan secara khusus dan perorangan bagi peserta didik yang belum atau mengalami kesulitan dalam penguasaan KD tertentu.
b.       Pemberian tugas-tugas atau perlakuan (treatment) secara khusus, yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran regular.
      Bentuk penyederhanaan itu dapat dilakukan guru antara lain melalui:
a.         Penyederhanaan strategi pembelajaran untuk KD tertentu
b.         Penyederhanaan cara penyajian (misalnya: menggunakan gambar, model, skema, grafik, memberikan rangkuman yang sederhana, dll.)
 c.        Penyederhanaan soal/pertanyaan yang diberikan.
2.    Materi dan waktu pelaksanaan program remedial
 a.      Program remedial diberikan hanya pada KD atau indikator  yang belum tuntas.
 b.     Program remedial dilaksanakan setelah mengikuti  tes/ulangan KD tertentu atau sejumlah KD dalam  satu kesatuan
Teknik pelaksanaan penugasan/pembelajaran  remedial:
        Penugasan individu diakhiri dengan tes (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedial maksimal 20%.
       Penugasan kelompok diakhiri dengan tes individual (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%. Pembelajaran ulang diakhiri dengan tes individual (tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 50 %.

































PROGRAM PENGAYAAN

Sekolah                                    :  SMP Negeri              2 Gringsing
Kelas / Semester                     :   VIIB (tujuh) / Genap
Mata Pelajaran                        :   Seni Budaya
KKM Mata Pelajaran             :  75
Materi  (KD/Indikator)          :   
1.      Jelaskan pengertian karya seni 2 dimensi!
2.      Sebutkan 5 karya seni murni!
3.      Apa yang di sebut dengan unsur seni rupa berupa garis!
4.      Sebutkan warna pokok atau warna primer!
5.      Diskripsikan karya seni terapan!
6.      Percampuran dua warna sekunder antara warna kuning dan biru menghasilkan warna...
7.      Unsur seni rupa paling sederhana di sebut...
8.      Patung selain sebagai karya seni murni juga sebagai karya seni...
9.      Sebutkan warna sekunder!
10.  Sebutkan 2 karya seni sebagai karya seni terapan juga sebagai karya seni 3 dimensi!

No.
Nama Siswa
Nilai Ulangan
Bentuk Pengayaan
1
Dewi Amalia Agustin
100
Contoh:
1.     Memberikan soal-soal  pemecahan masalah, seputar materi Menggambar model
2.     Memanfaatkan Dewi, Eko Purnomo  dan Istikharoh  untuk menjadi Tutor Sebaya
2
Eko Purnomo
100
3
Istikharoh
100
4
Lia Neri Khumaeroh
100
5
Moh. David Setiawan
100
6
Nur Afifah
100
7
Aghisna Nur Hikmah
95
8
Devi Nurazizah
90
9
Emillia Khilmia . H
90
10
Mukhofifah
90
11
Sintia Paramita Putri Rahayu
90
12
Wahyuningsih
90
13
Deas Inggit
90
14
Cindy Carolin Holanda
80
15
Adhe Mahendra

16
Agus Supriyanto
80
17
Nur Akhmad Hadi Santoso
75
Mengetahui,                                                                            Gringsing, 3 Pebruari 2015
Kepala SMP Negeri 2 Gringsing                                            Guru Mata Pelajaran


      Purbo Kuncoro, S.Pd                                                        Aryatmono Siswadi,S.Pd. MA
      NIP. 196004261985011002                                             NIP. 196509221990031010
     








Pelaksanaan Program Pengayaan
1.      Cara yang dapat ditempuh:
a.      Pemberian bacaan tambahan atau berdiskusi yang bertujuan memperluas wawasan bagi KD tertentu
b.      Pemberian tugas untuk melakukan analisis musik daerah
c.       Memberikan soal-soal latihan tambahan yang bersifat pengayaan
d.      Membantu guru dalam membimbing teman-temannya yang belum mencapai ketuntasan.


2.      Materi dan waktu pelaksanaan program pengayaan
a.       Materi Program pengayaan diberikan sesuai dengan KD-KD atau indikator  yang dipelajari , bisa berupa penguatan materi yang dipelajari maupun berupa pengembangan materi
b.      Waktu pelaksanaan program pengayaan adalah:
         setelah mengikuti tes/ulangan  KD tertentu  atau  kesatuan KD tertentu, dan  atau
         pada saat pembelajaran dimana siswa yang lebih cepat tuntas dibanding dengan teman lainnya maka dilayani dengan program pengayaan

Sebagai bagian integral dari kegiatan pembelajaran,  kegiatan pengayaan tidak lepas kaitannya dengan penilaian. Penilaian hasil belajar kegiatan pengayaan, tentu tidak sama dengan kegiatan pembelajaran biasa, tetapi cukup dalam bentuk portofolio, dan harus dihargai sebagai nilai tambah (lebih) dari peserta didik yang normal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar