Kamis, 27 Agustus 2015

ANALISIS ULANGAN HARIAN I SENI RUPA KELAS 7 SMT 1 2015/2016


ANALISIS ULANGAN HARIAN SENI RUPA KELAS 7D  SMT 1 2015/2016 DOWNLOAD

KISI – KISI SOAL ULANGAN HARIAN  I SEMESTER I
SMP NEGERI 2 GRINGSING
TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

Mata pelajaran               : SENI BUDAYA
Kelas / Semester            : VII/I
Bentuk soal                   : URAIAN
Jumlah soal                    : 10 (SEPULUH)
NO.
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK / PEMBELAJARAN
INDIKATOR
NO. SOAL
1.




















Mengapresiasikan karya seni rupa

Merancang karya seni kriya dengan teknik corak seni rupa terapan nusantara

Pengertian seni
Seni berdarakan fungsinya
Seni berdarkan wujudnya
Karya-karya seni murni
Karya –karya seni terapan
Ksyra seni 2 dimensi dan karya seni 3 dimensi
Pengertian gambar bentuk
Teknik menggambar bentuk
1`.  Siswa dapat menjelaskan pengertian seni
2    Siswa dapat menyebutkan karya seni berdasarkan fungsinya!
3.   Siswa dapat menyebutkan karya seni berdasarkan wujudnya!
4.   Siswa dapat menjelaskan tentang karya karya seni murni
5.   Siswa dapat menyebutkan 3 (tiga) karya seni murni!
6.   Siswa dapat menyebutkan 5 (lima) karya seni tiga dimensi
7.   Siswa dapat menjelaskan gambar bentuk
8.   Siswa dapat menjelaskan bagaiaman mengambar secara langsung !
9.   Siswa dapat menjelaskan teknik menggambar bentuk dengan cara arsir!
10. Siswa dapat menyebutkan 5 (lima)  gambar bentuk kubistis

     

1

2


3


4


5

6

7

8


9


10




Mengetahui                                                            Gringsing,    Agustus 2016
Kepala SMP Negeri 2 Gringsing                           Guru Mata Pelajaran


Purbo Kuncoro, S.Pd                                                 Aryatmono Siswadi, S.Pd, MA
                      NIP. 196006241985011002                                       NIP. 196509221990031010
















ULANGAN HARIAN 1 KELAS VII
SMP NEGERI 2 GRINGSING
Semester 1
NAMA

KELAS

NOMOR

TGL


Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar !
1.   Jelaskan pengertian seni !
2    Sebutkan karya seni berdasarkan fungsinya!
3.   Sebutkan karya seni berdasarkan wujudnya!
4.   Jelaskan pengertian tentang karya seni murni
5.   Sebutkan 3 (tiga) karya seni murni!
6.   Sebutkan 5 (lima) karya seni 3 dimensi
7.   Jelaskan tentang gambar bentuk
8.   Jelaskan bagaiaman menggambar secara langsung !
9.   Jelaskan teknik menggambar bentuk dengan cara arsir!
10. Sebutkan 5 (lima)  gambar bentuk kubistis

                      










































KUNCI JAWABAN :

1. Penciptaan segala sesuatu atau benda yang karena keindahannya banayak orang yang senang melihat dan mendengarnya
2    Seni Murni dan seni Terapan
3.   Karya Seni dua dimensi dan karya seni tiga dimensi
4.   Karya seni yang hanya dinikmati karena keindahannya
5.   Patung,
      Candi
      dan Lukisan
6.   Almari
      Meja
      Kursi
      Rumah Adat
      Gapura
7.   Menggambar dengan cara meniru objek dengan kemiripan bentuk
8.   Menggambat bentuk langsung dengan meniru objek
9.   memberikan goresan garis yang tipis-tipis pada gambar
10. Meja
      Kulas
      TV
      Kursi
      Almari

     
KRETERIA PENILAIAN
1
Jika Jawaban benar dan menyebutkan semua contoh
10
2
Jika Jawaban benar dan menyebutkan sebagian contoh
8
3
Jika jawaban kurang lengkap dan menyebutkan sebagian contoh
6
4
Jika jawaban salah
4
5
Tidak mengerjakan
0

10 Nilai jawaban di jumlahkan





Gringsing, 4  Agustus 2016
Guru Seni Budaya




Aryatmono Siswadi, S.Pd, MA
NIP 196509221990031010

































PROGRAM KEGIATAN PERBAIKAN DAN PENGAYAAN

Mata Pelajaran                                          ;     Seni Budaya
Satuan Pendidikan                                    :     Sekolah Menengah Pertama
Semester                                                    :     I (satu)

1.   Kelas – Prgoram                                  :     VIID
2.   Ulangan Harian ke                              :    
a.   Pokok Bahasa                                     :     Apresiasi seni dan Menggambar Bentuk
b.   Jumlah Peserta                                    :    
1)         Seluruhnya                                    :     24 siswa         
2)         Peserta Ulangan                            :     24 siswa
3)         Peserta Yang tidak ikut Ulangan  :     0   siswa
c.         Hasil Ulangan
1)         Jml. Siswa Tuntas                         :     18     siswa
2)         Jml. Siswa Belum Tuntas              :     6     siswa       

3.      Perbaikan secara klasikal
No
Pokok materi
Bentuk dan isi kegiatan
Keterangan
2
Fungsi Seni
Menyebutkan seni berdasar fungsi

3
Wujud Seni
Menyebutkan seni berdasar wujud

7
Definisi Gambar Bentuk
Jelaskan gambar bentuk

8
Model Gambar Bentuk
Jelaskan menggambar bentuk langsung

9
Teknik arsir
Jelaskan teknik arsir


4.      Perbaikan secara perorangan
a.       Jumlah siswa : 6                      siswa                        b.   Waktu : 40 menit
c.   Bentuk dan isi kegitan
Mengerjakan kembali soal yang sudah pernah dipergunakan ulangan harian I

5.      Pengayaan
a.       Jumlah siswa : 18 siswa          b.                              Waktu : 40 menit
c.   Bentuk dan isi kegitan
1.      Jelaskan karya seni murni dan berikan 3 contoh karyanya
2.      Jelaskan karya seni terapan dan berikan 3 contoh karyanya
3.      Jelaskan karya seni 2 dimensi dan berikan 3 contoh karyanya
4.      Jelaskan karya seni 3 dimensi dan berikan 3 contoh karyanya
5.      Sebutkan teknik dalam mengambar bentuk

Mengetahui,                                                                            Gringsing, 4 Agustus 2016
Kepala SMP Negeri 2 Gringsing                                            Guru Mata Pelajaran


      Purbo Kuncoro, S.Pd                                                        Aryatmono Siswadi,S.Pd. MA
NIP. 196004261985011002                                                   NIP. 196509221990031010
     













HASIL ANALISIS

I.    Ketentuan Belajar
      a.   Banyak siswa seluruhnya                       :    24             siswa
      b.   Banyak siswa yang telah belajar             :    24             siswa
      c.   Banyaknya siswa yang tuntas  belajar    :    18             siswa
      d.   Ketuntasan belajar secara klasikal          :    75             %

II.  Simpulan
a.       Perlu perbaikan klasikal soal

No
Tentang
Kegiatan
2
Fungsi Seni
Menyebutkan seni berdasar fungsi
3
Wujud Seni
Menyebutkan seni berdasar wujud
7
Definisi Gambar Bentuk
Jelaskan gambar bentuk
8
Model Gambar Bentuk
Jelaskan menggambar bentuk langsung
9
Teknik arsir
Jelaskan teknik arsir




b.      Perlu perbaikan secara individual siswa sebagai berikut :
1
Adi Pramono
4
Nikmatul Fitriyah
2
Ahmad Faozi
5
Nur Muzaroah
3
Euis Setya Widiati
6
Zaky Migdam Al Ashar
c.       Pengayaan dapat diberikan kepada siswa sebagai berikut :
1
Abdul Risza
10
Ira Amalia Noor
2
Anzila Rizky Sari
11
Leon  Rizal Fathulloh
3
David Bagas Arizky
12
Nikmatul Fitriyah
4
Dwi Rizka Angraeni
13
Putri Dwi Anggraini
5
Dwi Hardiyanto
14
Rantika Gusmiarti
6
Anzila Rizky Sari
15
Rizal Hermawan
7
Fimbye Indirawati
16
Supriyanto
8
Fitri Herning Tyas
17
Suseno
9
Heru dwi Setiawan
18
Tri Murti





Mengetahui,                                                                            Gringsing, 4 Agustus 2016
Kepala SMP Negeri 2 Gringsing                                            Guru Mata Pelajaran


      Purbo Kuncoro, S.Pd                                                        Aryatmono Siswadi,S.Pd. MA
NIP. 196004261985011002                                                   NIP. 196509221990031010
           


















PROGRAM REMIDIAL

Sekolah                                     :     SMP Negeri  2 Gringsing
Kelas / Semester                       :    VII D / Gasal
Mata Pelajaran                          :    Seni Budaya
Ulangan Harian  ke                   :     1
Tanggal Ulangan Harian           :     4 Agustus 2016
Bentuk Soal UH                       :    Pilihan Ganda
Materi UH  (KD/Indikator)       :
1.   Jelaskan pengertian seni !                   
2    Sebutkan karya seni berdasarkan fungsinya!
3.   Sebutkan karya seni berdasarkan wujudnya!
4.   Jelaskan pengertian tentang karya seni murni
5.   Sebutkan 3 (tiga) karya seni murni!
6.   Sebutkan 5 (lima) karya seni 3 dimensi
7.   Jelaskan tentang gambar bentuk
8.   Jelaskan bagaiaman menggambar secara langsung !
9.   Jelaskan teknik menggambar bentuk dengan cara arsir!
10. Sebutkan 5 (lima)  gambar bentuk kubistis
Ulangan Rem                     :  11 Agustus 2016
KKM                                 :     75
No.
Nama Siswa
Nilai Ulangan
Indikator yang tidak dikuasai
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remidial
Nomor Soal yang dikerjakan dalam Tes Remidial
Nilai Tes Rem
Ket.
( 1 )
( 2 )
( 3 )
( 4 )
( 5 )
( 6 )
(7)
(8)
1
Adi Pramono
72
2,3,7,8,9
Diberikan Bimbingan Khusus
1,2,3,4,5
6,7,8,8,9,10
75
Tuntas
2
Ahmad Faozi
72
2,3,7,8,9
Diberikan Bimbingan Khusus
1,2,3,4,5
6,7,8,8,9,10
75
Tuntas
3
Euis Setya Widiati
60
2,3,7,8
Diberikan Bimbingan Khusus
1,2,3,4,5
6,7,8,8,9,10
75
Tuntas
4
Nikmatul Fitriyah
70
2,3,7
Diberikan Bimbingan Khusus
1,2,3,4,5
6,7,8,8,9,10
75
Tuntas
5
Nur Muzaroah
70
2,3,8,9
Diberikan Bimbingan Khusus
1,2,3,4,5
6,7,8,8,9,10
75
Tuntas
6
Zaky Migdam Al Ashar
72
2,3,7,8,9
Diberikan Bimbingan Khusus
1,2,3,4,5
6,7,8,8,9,10
75
Tuntas
Mengetahui,                                                                            Gringsing, 11 Agustus 2016

Kepala SMP Negeri 2 Gringsing                                            Guru Mata Pelajaran
      Purbo Kuncoro, S.Pd                                                        Aryatmono Siswadi,S.Pd. MA
NIP. 196004261985011002                                                   NIP. 196509221990031010
     

Keterangan :

         Pada kolom ( 6 ), masing-masing indikator dijadikan soal untuk remdial
        Misalnya     :    Indikator 1 menjadi soal nomor 1
                               Indikator 10 menjadi soal nomor 10
         Pada kolom ( 7 ), nilai yang diperoleh hanya digunakan untuk menentukan tuntas atau tidak tuntasnya  dari siswa yang telah ikut remidial, karena nilai yang akan diolah adalah nilai batas ketuntasan. Artinya Adi Purnomo, Faosi, Euis, Nikmatul, Nur Muzaroah dan Zaky  memperoleh nilai setelah remidial masing-masing 75 (batas ketuntasan).









Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remedial
1.    Cara yang dapat ditempuh
a.       Pemberian bimbingan secara khusus dan perorangan bagi peserta didik yang belum atau mengalami kesulitan dalam penguasaan KD tertentu.
b.       Pemberian tugas-tugas atau perlakuan (treatment) secara khusus, yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran regular.
      Bentuk penyederhanaan itu dapat dilakukan guru antara lain melalui:
a.         Penyederhanaan strategi pembelajaran untuk KD tertentu
b.         Penyederhanaan cara penyajian (misalnya: menggunakan gambar, model, skema, grafik, memberikan rangkuman yang sederhana, dll.)
 c.        Penyederhanaan soal/pertanyaan yang diberikan.
2.    Materi dan waktu pelaksanaan program remedial
 a.      Program remedial diberikan hanya pada KD atau indikator  yang belum tuntas.
 b.     Program remedial dilaksanakan setelah mengikuti  tes/ulangan KD tertentu atau sejumlah KD dalam  satu kesatuan
Teknik pelaksanaan penugasan/pembelajaran  remedial:
        Penugasan individu diakhiri dengan tes (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedial maksimal 20%.
       Penugasan kelompok diakhiri dengan tes individual (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%. Pembelajaran ulang diakhiri dengan tes individual (tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 50 %.









































PROGRAM PENGAYAAN

Sekolah                                    :  SMP Negeri              2 Gringsing
Kelas / Semester                     :   VIID / Gasal
Mata Pelajaran                        :   Seni Budaya
KKM Mata Pelajaran             :  75
Materi  (KD/Indikator)          :   
1.      Jelaskan karya seni murni dan berikan 3 contoh karyanya
2.      Jelaskan karya seni terapan dan berikan 3 contoh karyanya
3.      Jelaskan karya seni 2 dimensi dan berikan 3 contoh karyanya
4.      Jelaskan karya seni 3 dimensi dan berikan 3 contoh karyanya
5.      Sebutkan teknik dalam mengambar bentuk
No.
Nama Siswa
Nilai Ulangan
Bentuk Pengayaan
1
Abdul Risza
84
Contoh:
1.     Memberikan soal-soal  pemecahan masalah, seputar materi Menggambar model
2.     Memanfaatkan  Abdul Zisza, Anzila, Rantika dan Tri Murti untuk menjadi Tutor Sebaya
2
Anzila Rizky Sari
92
3
David Bagas Arizky
90
4
Dwi Rizka Angraeni
96
5
Dwi Hardiyanto
84
6
Anzila Rizky Sari
100
7
Fimbye Indirawati
86
8
Fitri Herning Tyas
78
9
Heru dwi Setiawan
96
10
Ira Amalia Noor
78
11
Leon  Rizal Fathulloh
100
12
Nikmatul Fitriyah
96
13
Putri Dwi Anggraini
100
14
Rantika Gusmiarti
76
15
Rizal Hermawan
80
16
Supriyanto
92
17
Suseno
100
18
Tri Murti
100

Mengetahui,                                                                            Gringsing, 11 Agustus 2016
Kepala SMP Negeri 2 Gringsing                                            Guru Mata Pelajaran


      Purbo Kuncoro, S.Pd                                                        Aryatmono Siswadi,S.Pd. MA
NIP. 196004261985011002                                                   NIP. 196509221990031010
     











Pelaksanaan Program Pengayaan
1.      Cara yang dapat ditempuh:
a.      Pemberian bacaan tambahan atau berdiskusi yang bertujuan memperluas wawasan bagi KD tertentu
b.      Pemberian tugas untuk melakukan analisis musik daerah
c.       Memberikan soal-soal latihan tambahan yang bersifat pengayaan
d.      Membantu guru dalam membimbing teman-temannya yang belum mencapai ketuntasan.
2.      Materi dan waktu pelaksanaan program pengayaan
a.       Materi Program pengayaan diberikan sesuai dengan KD-KD atau indikator  yang dipelajari , bisa berupa penguatan materi yang dipelajari maupun berupa pengembangan materi
b.      Waktu pelaksanaan program pengayaan adalah:
         setelah mengikuti tes/ulangan  KD tertentu  atau  kesatuan KD tertentu, dan  atau
         pada saat pembelajaran dimana siswa yang lebih cepat tuntas dibanding dengan teman lainnya maka dilayani dengan program pengayaan

Sebagai bagian integral dari kegiatan pembelajaran,  kegiatan pengayaan tidak lepas kaitannya dengan penilaian. Penilaian hasil belajar kegiatan pengayaan, tentu tidak sama dengan kegiatan pembelajaran biasa, tetapi cukup dalam bentuk portofolio, dan harus dihargai sebagai nilai tambah (lebih) dari peserta didik yang normal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar