2. ANALISIS ULANGAN HARIAN KELAS 7A ULANGAN HARIA KE 1 SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015 DOWNLOAD DI SINI DAN DI SINI
KISI – KISI SOAL ULANGAN HARIAN I SEMESTER II
SMP NEGERI 2 GRINGSING
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Mata pelajaran :
SENI BUDAYA
Kelas / Semester :
VII /
II
Bentuk soal :
ESSAY
Jumlah soal :
10 ( SEPULUH)
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK / PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
NO.
SOAL
|
1.
|
Mwngapresiasikan karya seni rupa
|
9.1 Mengidentifikasikan karya seni terapan
daerah setempat
|
Pengertian karya seni
dua dimensi
Pengertian karya seni 3
dimensi
Pengertian karya senu
murni
Pengertian kary aseni
terapan
Unsur-unsur seni rupa
|
1. Siswa mampu menjelaskan
pengertian karya seni 2 dimensi
2. Siswa mampu menyebutkan karya
seni murni
3. Siswa mampu mendiskripsikan
unsur seni rupa berupa garis
4. Siswa mampu menyebutkan warna
primer
5. Siswa mampu mendiskripsikan
karya seni terapan
6. Siswa mampu menyebutkan Warna
sekunder.
7. Siswa mampu menyebutkan Unsur
gambar
8. Siswa mampu menyebutkan Bentuk
karya seni
9. Siswa mampu menyebutkan warna
tersier
10. Siswa mampu menyebutkan karya seni terapan dan karya seni 3 dimensi
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
Mengetahui Gringsing, 3 Pebruari
2015
Kepala SMP Negeri 2 Gringsing Guru Mata Pelajaran
Purbo Kuncoro, S.Pd
Aryatmono Siswadi, S.Pd, MA
NIP. 196006241985011002 NIP.
196509221990031010
ULANGAN HARIAN 1 SEMESTER 2
KELAS 7
NAMA :
.....................................................................
KELAS :
.....................................................................
NO
ABSEN : ....................................................................
TANGGAL
: ....................................................................
Jawabalah perntanyaan di
bawah ini dengan benar !
1. Jelaskan pengertian karya seni 2 dimensi!
2. Sebutkan 5 karya seni murni!
3. Apa yang di sebut dengan unsur seni rupa berupa
garis!
4. Sebutkan warna pokok atau warna primer!
5. Diskripsikan karya seni terapan!
6. Percampuran dua warna sekunder antara warna kuning
dan biru menghasilkan warna...
7. Unsur seni rupa paling sederhana di sebut...
8. Patung selain sebagai karya seni murni juga
sebagai karya seni...
9. Sebutkan warna sekunder!
10. Sebutkan 2 karya seni sebagai karya seni terapan
juga sebagai karya seni 3 dimensi!
Kunci jawaban :
Essay .
1
|
Karya yang memiliki
ukuran panjang x lebar, yang dapat dilihat dari satu sudut pandang
|
2
|
Candi, Patung, Pura,
Ukiran, Lukisan
|
3
|
Gabungan dari
titik-titik
|
4
|
Merah, Kuning , Biru
|
5
|
Karya seni selain
dinikmati keindahannya juga sebagai fungsi pakai
|
6
|
Hijau
|
7
|
Titik
|
8
|
Karya seni 3 dimensi
|
9
|
Ungu, Orein, Hijau
|
10
|
Bola, Almari
|
KRITERIA
PENILAIAN
ULANGAN
HARIAN
I.
PILIHAN GANDA
Penilaian
|
|||||||||||
NO SOAL
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
jml
|
|
Nilai Tiap Soal
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
10
|
II.
KRETERIA
PENILAIAN
Jawaban benar
dinilai 1
Jawaban kurang
lengkap di nilai ½
Jawaban salah
dinilai 0
Gringsing, 3 Pebruari
2015
Guru Seni Budaya
Aryatmono Siswadi,
S.Pd, MA
NIP
196509221990031010
PROGRAM KEGIATAN PERBAIKAN
DAN PENGAYAAN
Mata Pelajaran ; Seni Budaya
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Semester : II (dua)
1. Kelas – Prgoram : VIIB
2. Ulangan Harian ke : 1
a. Pokok Bahasa : Jenis karya seni
b. Jumlah Peserta :
1) Seluruhnya : 23 siswa
2) Peserta Ulangan : 23 siswa
3) Peserta Yang tidak
ikut Ulangan : siswa
c. Hasil Ulangan
1) Jml. Siswa Tuntas : 17 siswa
2) Jml. Siswa Belum
Tuntas : 6 siswa
3.
Perbaikan secara klasikal
No
|
Pokok materi
|
Bentuk dan isi kegiatan
|
Keterangan
|
5
|
Karya seni terapan
|
Diskripsikan karya seni
terapan!
|
|
8
|
Karya seni murni
|
Patung selain sebagai karya seni murni juga
sebagai karya seni
|
|
9
|
Warna sekunder
|
Sebutkan warna sekunder
|
|
10
|
Bentuk karya senu terapan
|
Sebutkan 2 karya seni sebagai karya seni terapan
juga sebagai karya seni 3 dimensi
|
4.
Perbaikan secara perorangan
a.
Jumlah siswa : 6 siswa b. Waktu : 40 menit
c. Bentuk dan isi kegitan
Mengerjakan kembali soal yang sudah pernah dipergunakan ulangan
harian I
|
5.
Pengayaan
a.
Jumlah siswa : 17 siswa b. Waktu
: 40 menit
c. Bentuk dan isi kegitan
Jawablah
dengan benar!
1. Jelaskan pengertian karya seni 2 dimensi!
2. Sebutkan 5 karya seni murni!
3. Apa yang di sebut dengan unsur seni rupa berupa
garis!
4. Sebutkan warna pokok atau warna primer!
5. Diskripsikan karya seni terapan!
6. Percampuran dua warna sekunder antara warna
kuning dan biru menghasilkan warna...
7. Unsur seni rupa paling sederhana di sebut...
8. Patung selain sebagai karya seni murni juga
sebagai karya seni...
9. Sebutkan warna sekunder!
10. Sebutkan 2 karya seni sebagai karya seni terapan
juga sebagai karya seni 3 dimensi!
|
Mengetahui, Gringsing,
3 Pebruari 2015
Kepala SMP Negeri 2 Gringsing Guru
Mata Pelajaran
Purbo Kuncoro, S.Pd Aryatmono
Siswadi,S.Pd. MA
NIP. 196004261985011002 NIP.
196509221990031010
HASIL ANALISIS
I. Ketentuan Belajar
a. Banyak siswa seluruhnya : 23 siswa
b. Banyak siswa yang telah belajar : 23 siswa
c. Banyaknya siswa yang tuntas belajar : 17 siswa
d. Ketuntasan belajar secara klasikal : 81.8 %
II. Simpulan
a.
Perlu perbaikan klasikal soal
Nomor
Tentang
5
|
Karya seni terapan
|
Diskripsikan karya seni
terapan!
|
8
|
Karya seni murni
|
Patung selain sebagai karya seni murni juga
sebagai karya seni
|
9
|
Warna sekunder
|
Sebutkan warna sekunder
|
10
|
Bentuk karya senu terapan
|
Sebutkan 2 karya seni sebagai karya seni terapan
juga sebagai karya seni 3 dimensi
|
b.
Perlu perbaikan secara
individual siswa sebagai berikut :
1
|
Muhamad Fahreza F
|
4
|
Denny Syah Putra
|
2
|
Muhammad Mirza Maulana
|
5
|
Arya Sandi Maulana
|
3
|
Dedi Aryanto
|
6
|
Ahmad Syofiulloh
|
c.
Pengayaan dapat diberikan
kepada siswa sebagai berikut :
1
|
Dewi Amalia Agustin
|
9
|
Emillia Khilmia . H
|
2
|
Eko Purnomo
|
10
|
Mukhofifah
|
3
|
Istikharoh
|
11
|
Sintia Paramita Putri Rahayu
|
4
|
Lia Neri Khumaeroh
|
12
|
Wahyuningsih
|
5
|
Moh. David Setiawan
|
13
|
Cindy Carolin Holanda
|
6
|
Nur Afifah
|
14
|
Adhe Mahendra
|
7
|
Aghisna Nur Hikmah
|
15
|
Deas Inggit
|
8
|
Devi Nurazizah
|
16
|
Agus Supriyanto
|
17
|
Nur Akhmad Hadi Santoso
|
Mengetahui, Gringsing,
3 Pebruari 2015
Kepala SMP Negeri 2 Gringsing Guru
Mata Pelajaran
Purbo Kuncoro, S.Pd Aryatmono
Siswadi,S.Pd. MA
NIP. 196004261985011002 NIP.
196509221990031010
PROGRAM
REMIDIAL
Sekolah
: SMP
Negeri 2 Gringsing
Kelas /
Semester
: VIIB(tujuh B) /
Genap
Mata
Pelajaran
: Seni Budaya
Ulangan Harian
ke
: 1
Tanggal Ulangan Harian
: 3 Pebruari 2015
Bentuk Soal
UH
: Pilihan Ganda
Materi UH
(KD/Indikator) :
1. Siswa mampu menjelaskan pengertian karya
seni 2 dimensi
2. Siswa mampu menyebutkan karya seni murni
3. Siswa mampu mendiskripsikan unsur seni rupa
berupa garis
4. Siswa mampu menyebutkan warna primer
5. Siswa mampu mendiskripsikan karya seni
terapan
6. Siswa mampu menyebutkan Warna ungu adalah hasil campuran warna .
7. Siswa mampu menyebutkan Unsur gambar
8. Siswa mampu menyebutkan Bentuk karya seni
9. Siswa mampu menyebutkan warna tersier
10. Siswa mampu menyebutkan karya seni terapan dan karya seni 3 dimensi
Ulangan Rem :
10
Pebruari 2015
KKM
: 75
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang tidak dikuasai
|
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran
Remidial
|
Nomor Soal yang dikerjakan dalam
Tes Remidial
|
Nilai Tes Rem
|
Ket.
|
( 1 )
|
( 2 )
|
( 3 )
|
( 4 )
|
( 5 )
|
( 6 )
|
(7)
|
(8)
|
1
|
Muhamad Fahreza F
|
70
|
2,8,9
|
Diberikan
Bimbingan Khusus dan tugas Individu
|
1,2,3,4,5,
6,7,8,9,10
|
75
|
Tuntas
|
2
|
Muhammad Mirza Maulana
|
70
|
5,8,10
|
Diberikan
Bimbingan Khusus dan tugas Individu
|
1,2,3,4,5,
6,7,8,9,10
|
75
|
Tuntas
|
3
|
Dedi Aryanto
|
65
|
1,8,9,10
|
Diberikan
Bimbingan Khusus dan tugas Individu
|
1,2,3,4,5,
6,7,8,9,10
|
75
|
Tuntas
|
4
|
Denny Syah Putra
|
60
|
5,6,8,9
|
Diberikan
Bimbingan Khusus dan tugas Individu
|
1,2,3,4,5,
6,7,8,9,10
|
75
|
Tuntas
|
5
|
Arya Sandi Maulana
|
55
|
5,6,7,8,9
10
|
Diberikan
Bimbingan Khusus dan tugas Individu
|
1,2,3,4,5,
6,7,8,9,10
|
75
|
Tuntas
|
6
|
Ahmad Syofiulloh
|
40
|
1,2,5,8
|
Diberikan
Bimbingan Khusus dan tugas Individu
|
1,2,3,4,5,
6,7,8,9,10
|
75
|
Tuntas
|
9,10
|
|||||||
Mengetahui, Gringsing,
8 September 2014
Kepala SMP Negeri 2 Gringsing Guru
Mata Pelajaran
Purbo Kuncoro, S.Pd Aryatmono
Siswadi,S.Pd. MA
NIP. 196004261985011002 NIP.
196509221990031010
Keterangan :
Pada
kolom ( 6 ), masing-masing indikator dijadikan soal untuk remdial
Misalnya : Indikator 1 menjadi soal nomor
1
Indikator 10 menjadi soal nomor 10
Pada
kolom ( 7 ), nilai yang diperoleh hanya digunakan untuk menentukan
tuntas atau tidak tuntasnya dari siswa yang telah ikut remidial, karena
nilai yang akan diolah adalah nilai batas ketuntasan. Artinya M Fahreza,
Mirza, Dedi, Arya dan Syafiulloh memperoleh nilai setelah
remidial masing-masing 75 (batas ketuntasan).
Bentuk Pelaksanaan
Pembelajaran Remedial
1. Cara yang dapat ditempuh
a. Pemberian
bimbingan secara khusus dan perorangan bagi peserta didik yang belum atau
mengalami kesulitan dalam penguasaan KD tertentu.
b. Pemberian tugas-tugas atau perlakuan (treatment)
secara khusus, yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran
regular.
Bentuk
penyederhanaan itu dapat dilakukan guru antara lain melalui:
a. Penyederhanaan
strategi pembelajaran untuk KD tertentu
b. Penyederhanaan
cara penyajian (misalnya: menggunakan gambar, model, skema, grafik, memberikan
rangkuman yang sederhana, dll.)
c. Penyederhanaan soal/pertanyaan
yang diberikan.
2. Materi dan waktu pelaksanaan
program remedial
a. Program
remedial diberikan hanya pada KD atau indikator yang belum tuntas.
b. Program remedial
dilaksanakan setelah mengikuti tes/ulangan
KD tertentu atau sejumlah KD dalam satu kesatuan
Teknik
pelaksanaan penugasan/pembelajaran remedial:
Penugasan
individu diakhiri dengan tes (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang
mengikuti remedial maksimal 20%.
Penugasan
kelompok diakhiri dengan tes individual (lisan/tertulis) bila jumlah peserta
didik yang mengikuti remedi lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%. Pembelajaran
ulang diakhiri dengan tes individual (tertulis) bila jumlah peserta didik yang
mengikuti remedi lebih dari 50 %.
PROGRAM
PENGAYAAN
Sekolah
: SMP Negeri 2 Gringsing
Kelas /
Semester
: VIIB (tujuh) /
Genap
Mata
Pelajaran
: Seni Budaya
KKM Mata Pelajaran : 75
Materi (KD/Indikator) :
1. Jelaskan pengertian karya seni 2 dimensi!
2. Sebutkan 5 karya seni murni!
3. Apa yang di sebut dengan unsur seni rupa berupa
garis!
4. Sebutkan warna pokok atau warna primer!
5. Diskripsikan karya seni terapan!
6. Percampuran dua warna sekunder antara warna kuning
dan biru menghasilkan warna...
7. Unsur seni rupa paling sederhana di sebut...
8. Patung selain sebagai karya seni murni juga
sebagai karya seni...
9. Sebutkan warna sekunder!
10. Sebutkan 2 karya seni sebagai karya seni terapan
juga sebagai karya seni 3 dimensi!
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai Ulangan
|
Bentuk Pengayaan
|
1
|
Dewi Amalia Agustin
|
100
|
Contoh:
1. Memberikan
soal-soal pemecahan masalah, seputar materi Menggambar model
2. Memanfaatkan Dewi, Eko Purnomo
dan
Istikharoh untuk menjadi Tutor Sebaya
|
2
|
Eko Purnomo
|
100
|
|
3
|
Istikharoh
|
100
|
|
4
|
Lia Neri Khumaeroh
|
100
|
|
5
|
Moh. David Setiawan
|
100
|
|
6
|
Nur Afifah
|
100
|
|
7
|
Aghisna Nur Hikmah
|
95
|
|
8
|
Devi Nurazizah
|
90
|
|
9
|
Emillia Khilmia . H
|
90
|
|
10
|
Mukhofifah
|
90
|
|
11
|
Sintia Paramita Putri Rahayu
|
90
|
|
12
|
Wahyuningsih
|
90
|
|
13
|
Deas Inggit
|
90
|
|
14
|
Cindy Carolin Holanda
|
80
|
|
15
|
Adhe Mahendra
|
||
16
|
Agus Supriyanto
|
80
|
|
17
|
Nur Akhmad Hadi Santoso
|
75
|
Mengetahui, Gringsing,
3 Pebruari 2015
Kepala SMP Negeri 2 Gringsing Guru
Mata Pelajaran
Purbo Kuncoro, S.Pd Aryatmono
Siswadi,S.Pd. MA
NIP. 196004261985011002 NIP.
196509221990031010
Pelaksanaan Program Pengayaan
1. Cara yang dapat
ditempuh:
a. Pemberian
bacaan tambahan atau berdiskusi yang bertujuan memperluas wawasan bagi KD
tertentu
b. Pemberian
tugas untuk melakukan analisis musik daerah
c. Memberikan
soal-soal latihan tambahan yang bersifat pengayaan
d. Membantu
guru dalam membimbing teman-temannya yang belum mencapai ketuntasan.
2. Materi dan
waktu pelaksanaan program pengayaan
a. Materi
Program pengayaan diberikan sesuai dengan KD-KD atau indikator yang
dipelajari , bisa berupa penguatan materi yang dipelajari maupun berupa
pengembangan materi
b. Waktu
pelaksanaan program pengayaan adalah:
setelah mengikuti tes/ulangan
KD tertentu atau kesatuan KD tertentu, dan atau
pada
saat pembelajaran dimana siswa yang lebih cepat tuntas dibanding dengan teman
lainnya maka dilayani dengan program pengayaan
Sebagai bagian integral dari kegiatan
pembelajaran, kegiatan pengayaan tidak lepas kaitannya dengan penilaian.
Penilaian hasil belajar kegiatan pengayaan, tentu tidak sama dengan kegiatan
pembelajaran biasa, tetapi cukup dalam bentuk portofolio, dan harus dihargai
sebagai nilai tambah (lebih) dari peserta didik yang normal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar